Home Berita Kartu Prakerja Resmi Dibuka, Begini Cara Daftar di prakerja.go.id

Kartu Prakerja Resmi Dibuka, Begini Cara Daftar di prakerja.go.id

by imadenews
Pendaftaran Kartu Prakerja

Pemerintah secara resmi telah membuka pendaftaran Kartu Prakerja tahap pertama. Program Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran penerima yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah/kuliah. Bantuan ini hanya akan diberikan sekali seumur hidup untuk peserta.

Masyarakat Indonesia yang merupakan korban PHK atau pun belum memiliki pekerjaan sudah bisa mengakses situs www.prakerja.go.id untuk mendaftarkan dirinya di program andalan Presiden Jokowi tersebut. Kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja.

Pendaftaran Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id secara sudah dibuka Sabtu (11/4/2020), pukul 16.00 WIB sore. Sebelumnya, pemerintah Indonesia mengumumkan pembukaan kartu pra kerja resmi dimulai Sabtu tanggal 11 April 2020 kemarin.

Menko Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto menuturkan, saat ini pendaftaran kartu pra kerja sudah bisa dilakukan. Namun untuk pendaftaran tahap awal ini, pemerintah hanya memberikan kuota 164.000 orang saja.

Baca Juga :   Cara Gabung Gelombang Kedua Kartu Prakerja di Android

Pendaftaran kartu pra kerja di www.prakerja.go.id tahap awal dimulai Sabtu (11/4/2020) hingga Kamis (16/4/2020). Kata Airlangga, pendaftaran gelombang selanjutnya akan dilakukan setiap satu pekan. Untuk pendaftaran kartu pra kerja tahap kedua, nanti dilakukan Kamis (16/4/2020) setelah jam 16.00 WIB sore, begitu pun selanjutnya.

Lanjut Airlangga, pengumuman peserta yang lolos pendaftaran kartu Pra Kerja tahap awal ini, akan dilaksanakan Jumat, (17/4/2020) depan. Mereka (peserta) yang lolos akan mengikuti pelatihan kerja secara online.

Bagi peserta yang belum lolos pada pendaftaran tahap awal dan seterusnya, bisa melakukan lagi pendaftaran, caranya dengan membuat akun baru, lalu kembali mendaftarkan diri di website resmi kartu pra kerja. Kata Airlangga, bagi yang belum lolos bisa kembali daftar namun tidak perlu mengulang dari awal, nanti akan aada petunjuknya dari web resmi.

Bagi kamu yang mengalami kendala atau kesulitan melakukan pendaftaran Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id, kamu bisa menghubungi nomor layanan masyarakat kartu pra kerja (021) 25541246 pada hari Senin sampai Jumat mulai dari jam 08.00 WIB pagi sampai jam 19.00 WIB, atau mengirim e-mail di alamat [email protected]

Proses Pendaftaran Akun Kartu Prakerja

Kamu bisa mendaftar jika kamu adalah WNI usia 18 tahun keatas dan tidak sedang bersekolah/kuliah. Awalnya, program diprioritaskan untuk pengangguran muda. Namun untuk merespon COVID-19, program diprioritaskan juga bagi pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak.

Sebelum melakukan pendaftaran di situs prakerja.go.id, kamu harus terlebih dahulu menyiapkan beberapa dokumen pribadi antara lain:

  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai KTP beserta data pribadi lengkap
  2. Persiapkan Nomor HP/telepon (yang aktif)
  3. Email (yang masih aktif)

Membuat Akun Prakerja

Setelah semua bahan pendaftaran diatas sudah siap, kamu bisa mengunjungi alamat www.prakerja.go.id untuk mendapatkan akun Program Prakerja kamu. Berikut, cara membuat akun kartu prakerja lewat pendaftaran secara online:

Klik tombol Daftar Sekarang pada website Prakerja atau bisa klik disini

Daftar Akun Kartu Prakerja

Masukan email beserta password/kata sandi anda yang tertera pada halaman pendaftaran lalu klik tombol Daftar.

Daftar Akun Kartu Prakerja

Kamu akan menerima notifikasi untuk melalukan verifikasi yang sudah terkirim ke alamat email kamu.

verifikasi email

Lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email.

email verifikasi

Jika selesai, maka pendaftaran dianggap sudah berhasil dan kamu sudah punya akun Kartu Prakerja.

Pendaftaran Kartu Prakerja

Setelah berhasil melakukan proses pendaftaran akun dan login ke akun kamu, kamu akan masuk ke Dashboard akun dan akan diminta melakukan proses verifikasi antara lain:

1. Verifikasi KTP

verifikasi ktp prakerja

2. Lengkapi data diri dan unggah foto KTP dan swafoto kamu dengan KTP kamu

lengkapi data diri

3. Lakukan Verifikasi Nomor Handphone dan Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP kamu

verifikasi-HP

4. Selanjutnya, isi Pernyataan Pendaftar, Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik Oke.

5. Setelah itu, kamu wajib melakukan tes Motivasi & Kemampuan Dasar

Selanjutnya kamu akan menerima notifikasi apakah kamu lolos / bisa ikut Gelombang yang bisa pilih di Dashboard akun kamu. Kamu bisa langsung memeriksa status pendaftaran Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id lewat akun milik kamu yang sudah terdaftar. Setelah masuk akun, kamu tinggal klik menu Cek Status Pendaftaran.

Proses Pelatihan, Biaya dan Intensif

Lalu, bagaimana penjelasan tentang proses pelatihan, biaya pelatihan, intensif pelatihan, dll?. Kamu bisa membaca di Frequently Asked Questions situs Prakerja.go.id

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More