Home Berita Puluhan Ekor Tukik Dilepas di Pantai Sumbersari

Puluhan Ekor Tukik Dilepas di Pantai Sumbersari

by imadenews
Puluhan Ekor Tukik Dilepas di Pantai Sumbersari

Imadenews.com-Puluhan ekor tukik dilepas di Pantai Sumbersari, Desa Melaya, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali, Minggu (18/10/2015).Puluhan Ekor Tukik Dilepas di Pantai Sumbersari

Puluhan ekor tukik ini dilepas oleh oleh warga Sumbersari, tokoh masyrakat serta
dihadiri oleh anggota DPRD Jembrana, serta kelompok masyarakat yang peduli lingkungan.

Aksi ini juga banyak menarik perhatian warga sekitar, anak-anak dari Dusun Sumbersari, serta wisatawan asing yang kebetulan berlibur di Sumbersari.

“Dua bulan kami berhasil mengamankan puluhan butir telur penyu dan kami berhasil menetaskannya dan sekarang tukik ini kita lepas ke habitatnya,” terang Ketua Pokmas Darwis Pasih Ketut Subanda, Minggu (18/10) sore.

Ini menurutnya merupakan pengalaman pertama pihaknya dalam menetaskan telur penyu, sehingga masih terjadi beberapa kesalahan dalam  teknis memindahkan telur hingga ada yang tidak menetas.

“Kami yakin ke depan akan lebih baik setelah kami ketahui teknisnya, ini pengalaman pertama,” ujarnya.

Pihaknya juga sering  menghimbau kepada semua warga pesisir pantai di Sumbersari agar menghubungi pihaknya bila menemukan penyu bertelur di lokasi yang kurang aman, agar bisa diselamatkan dan ditetaskan.

Pihaknya juga menyayangkan jika masih ada warga yang mengambil keuntungan singkat dengan menjual telur dan tukik yang saat ini banyak ada di pantai tanpa memperhitungkan dampaknya kedepan.(MD1)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More