Home Blog Apa yang membuat Theme WordPress Seo Friendly ?

Apa yang membuat Theme WordPress Seo Friendly ?

by imadenews
Apa yang membuat Theme Wordpress Seo Friendly ?

Theme WordPress bisa membuat perbedaan besar pada optimasi mesin pencari dari situs WordPress. Untuk sebagian besar, Theme yang disediakan gratis alias tidak berbayar semuanya sudah SEO Friendly. Malahan ebenarnya, beberapa theme premium tidak begitu bagus untuk SEO karena kelebihan fitur akan menawarkan kinerja yang buruk untuk SEO.

Sebenarnya ada banyak faktor lain yang harus anda pertimbangkan dengan bijak dalam memilih thema wordpress, namun begitu Anda menyetujui theme yang ideal untuk proyek Anda, Anda pasti tidak begitu berpikir banyak dalam kualitas SEO dalam mesin pencarian untuk kedepannya.

Lalu, Apa yang membuat Theme WordPress Seo Friendly ?

Baca Juga :   10 Tips mudah Mengamankan WordPress Anda dari Hackers

Validity

Meskipun validitas kode kurang penting daripada banyak faktor lainnya, ada baiknya memilih tema yang dikodekan dengan baik dan dijamin dapat dibuka di sebagian besar Browser ternama dan search crawlers. Anda seharusnya tidak mengharapkan kesempurnaan, tapi perlu meluangkan waktu untuk cek theme anda melalui kode validator.

Mobile-Friendly

Thema yang Mobile Friendly adalah kunci dari pengoptimalan mesin pencari modern. Google tidak akan memberi peringkat pada halaman dalam hasil pencarian mobile jika tidak dioptimalkan untuk perangkat mobile.

Setiap tema WordPress yang layak dipertimbangkan akan mencakup desain yang responsif, namun theme yang Mobile Friendly sebaiknya mencakup kategori dasar seperti: Tidak ada Flash, typography harus berukuran yang wajar, dan halaman tidak boleh terlalu besar untuk tampilan mobile.

Jika Anda ingin mengetahui apakah sebuah theme mobile-friendly, anda bisa memeriksanya dengan menggunakan Google Mobile-Friendly Test.

Performance

Seperti yang telah banyak anda baca, Performance atau Kinerja situs WordPress sangat dipertimbangkan oleh Google dan mesin pencari lainnya. Semua yang lain sama, situs yang lebih cepat akan lebih baik dalam hasil mesin pencari daripada situs yang lebih lambat. Banyak faktor yang berkontribusi terhadap kinerja situs, termasuk Hosting WordPress, caching, dan penggunaan jaringan distribusi konten, namun Front-End yang disediakan oleh theme wordpress dapat menyebabkan masalah pada Performance, terutama jika Performancenya kurang optimal dan memiliki bobot halaman yang berlebihan.

Baca Juga :   Langkah Mudah Mengamankan WordPress Melalui htaccess

Sebelum memilih theme wordpress, jalankan halaman demo-nya melalui alat uji kinerja seperti Google PageSpeed Insights dan Pingdom Tools untuk mengetahui seberapa besar perhatian pengembangnya terhadap optimalisasi kinerja / Performance.

Structured Data

Schema.org adalah format Structured Data standar yang dapat digunakan untuk memberikan informasi tambahan ke mesin pencari tentang konten pada halaman. Rich snippets di halaman mesin pencarian bergantung pada markup Schema.org dan juga tampilan item di banyak jaringan media sosial. Semakin banyak informasi yang dapat Anda berikan ke Google, semakin baik tampilan dan peringkat halaman Anda. Jika Anda tidak yakin apakah sebuah tema mendukung Structured Data yang baik, anda bisa tanyakan kepada si pembuat thema atau bisa cek sendiri.

Penting untuk dipahami bahwa meskipun sebuah tema berkontribusi terhadap Seo Friendly, ini adalah salah satu faktor di antara banyak hal. Tema yang bagus tidak ada gunanya jika hostingnya lambat atau WordPress back-end tidak dioptimalkan dengan semestinya. Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menginstal plugin caching dan plugin SEO selain memilih tema WordPress yang SEO-friendly. Dan, tentu saja, Anda harus memilih hosting WordPress yang dikelola optimal.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More