Apakah komputer Anda Dipakai Menambang Cryptocurrency?

by imadenews
Apakah komputer Anda Dipakai Menambang Cryptocurrency?

Bagaimana cara mengetahui apakah komputer Anda Dipakai untuk menambang Cryptocurrency, dan apa yang harus dilakukan untuk mencegah hal tersebut.

Komputer Anda bisa saja dipakai untuk menambang Cryptocurrency tanpa anda sadari, dengan menggunakan kekuatan pemrosesan komputer Anda untuk mengkonfirmasi transaksi dan menghasilkan crypto coin yang berpotensi menguntungkan. Insiden malware yang berisikan alat untuk menambang crypto coin telah meningkat enam kali lipat di tahun 2017, menurut IBM Managed Security Services. Inilah cara untuk mengetahui apakah Anda telah tanpa sadar melakukan kekuatan komputasi Anda untuk memperkaya orang lain (komputer anda bekerja untuk orang lain lol)

Perhatikan dan Cek CPU USAGE

Buka Resource Monitor di komputer Anda untuk memeriksa apakah penggunaan CPU komputer anda normal atau tinggi. Untuk Di Mac bisa membuka Activity Monitor, dan di Windows dengan Task Manager.

Jika Anda melihat lonjakan penggunaan CPU saat mengunjungi situs web tertentu yang seharusnya tidak terlalu menggunakan proses tinggi pada prosesor Anda, atau jika Anda tidak meggunakan atau membuka program apapun akan tapi penggunaan CPU masih super tinggi, maka Anda mungkin memiliki masalah malware alat menambang cryptocoin.

Apakah komputer Anda Dipakai Menambang Cryptocurrency?

memang terkadang sulit untuk melihat apa penggunaan CPU “normal”, karena daya pemrosesan komputer karena aplikasi yang berjalan sangat bervariasi, namun tingkat penggunaan CPU yang tiba-tiba meningkat akan mengindikasikan peningkatan permintaan yang tidak normal untuk daya pemrosesan.

Gunakan Ad-Blokers ..

Komputer Anda dapat dibajak untuk menambang cryptocoin dengan mengunjungi situs web tertentu atau memasang iklan yang terinfeksi malware di dalamnya, anda bisa melihat di site ESET untuk rincian detailnya tentang script dan lainnya.

Begitu Anda meninggalkan situs web itu atau menutup tabnya, proses penambangan berhenti. Anda juga dapat memblokir Javascript agar tidak berjalan di situs yang diketahui terinfeksi hanya dengan menggunakan kontrol privasi dan konten default pada browser Anda.

secret mining tanpa sepengetahuan pengunjung

Software pemblokir iklan (Ad-blocking) juga dapat memblock atau menyaring script penambangan ini. Salah satu situs script pertambangan tersebut disebut Coin Hive, yang belum tentu malware. script coin hive tersebut dapat dipasang di situs web tanpa sepengetahuan pengunjung, atau bisa juga dengan memberitahukan kepada pengunjung untuk mengiyakan atau tidak untuk proses menambang cryptocoin. (seperti gambar diatas)

Salah satu Software pemblokir iklan, AdGuard (tersedia juga berupa ekstensi browser), akan memindai situs untuk melihat apakah Coin Hive berjalan di website yang anda kunjungi dan mengingatkan Anda akan hal itu. ekstensi browser AdBlock Plus, menyarankan untuk menambahkan filter ke opsi pemblokiran bawaannya yang menargetkan Coin Hive.

Lalu, Bagaimana jika berjenis malware?

Periset di IBM telah menemukan kelas yang lebih canggih dari software penambangan yang secara diam diam yang menembus sistem Anda. Ini dikirim melalui file gambar yang terinfeksi atau dengan mengklik link yang mengarah ke situs berbahaya. Serangan semacam itu cenderung menargetkan jaringan perusahaan, menurut IBM, disarankan untuk menghubungi orang IT yang berpengalaman untuk konsultaasi.

Jika sistem Anda terinfeksi, Anda harus mendeteksi penurunan kinerja pada komputer anda, dalam hal ini jalankan Activity Monitor atau Task Manager untuk memeriksa penggunaan CPU Anda. Anda kemudian dapat mengidentifikasi proses yang memakan semua siklus penghitungan tersebut dan menghentikannya dari resource monitor, dikutip dari Dave McMillen dari IBM Managed Security Services, yang menulis penelitian tentang penambang crypto secara rahasia.

Jika anda mempunyai tambahan untuk mencegah atau mengatasi tentang malware atau browser mining silahkan bisa komentar di bawah 🙂

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More