Home Blog Beberapa Tips Berguna Agar Laptop Tak Cepat Rusak

Beberapa Tips Berguna Agar Laptop Tak Cepat Rusak

by imadenews
Beberapa Tips Berguna Agar Laptop Tak Cepat Rusak

Berikut ini adalah Beberapa Tips yang pasti Berguna Agar Laptop Tak Cepat Rusak. Bagi kalian yang mempunyai Laptop pasti tidak ingin kekasih kedua anda ini cepat rusak dan meninggalkan anda hehe.. jika anda tidak ingin itu terjadi silahkan simak beberapa tips yang pasti berguna bagi kalian dibawah iniI-Love-My-Laptop_ong5ss

1. Batasi pemakaian

Upayakan pemakaian Laptop tidak lebih dari 12 Jam dalam 1 hari apalagi kalau sampai 24 jam tiap hari. Itu malah bisa bikin laptop cepat rusak. Berbeda dengan PC yang mampu kamu gunakan kemampuannya untuk bekerja dalam jangka waktu yang lama, laptop adalah perangkat yang memiliki keterbatasan jika digunakan dalam kondisi kerja yang berlebihan.Tentu kita tahu, jika baterai dari perangkat eletronik memiliki umur tertentu, menggunakannya nonstop selama 24 jam akan membuat kondisi baterai rusak dalam waktu yang lebih singkat, dan juga berpotensi menyebabkan laptop terus menerus dalam keadaan panas. Jadi, pastikan laptopmu selalu dalam keadaan mati ketika tidak digunakan, ya.

2. Cabut Baterai laptop

Kalau tidak ingin Batrenya cepat rusak,apalagi kalau laptopnya jarang dipakai, lebih baik dicabut batrenya.

4. Perhatikan Ensel dan FL Inverter

Kalau Laptop dijadikan sebagai sarana bekerja seperti saya, saya biasanya membiarkan laptop tetap posisi Stand by (tidak di Lipat atau dirapihkan) tujuannya supaya ensel dan FL Inverternya tidak cepat rusak.

5. Jangan menaruh secangkir minuman di dekat laptop.

Air adalah musuh utama dari segala perangkat elektronik, begitu juga dengan laptopmu. Menaruh kopi atau jenis minuman lain tepat di samping laptop adalah hal sepele yang sering kita lakukan. Memang cantik sih kelihatannya, dan bisa di-capture untuk Instagram juga. Tapi bayangkan, jika minuman tersebut tumpah dan membasahi seluruh komponen yang ada di laptopmu, bisa dipastikan jika separuh nyawamu itu akan berakhir di service center. Lebih parah lagi, berakhir di tempat sampah!

Menjauhkan minuman dari laptop adalah tindakan preventif yang dapat kamu lakukan untuk menjaga laptopmu, Jika biasa bekerja dengan kopi di sampingmu, gunakanlah keyboard protector untuk mencegah resiko air masuk melalui celah-celah laptop.

6. Gunakan laptop secara bijak, jangan membebaninya dengan game yang berat-berat.

Berbeda dengan Personal Computer (PC) yang didesain sedemikian rupa untuk melakukan pekerjaan yang berat, laptop adalah perangkat yang lebih mementingkan unsur kepraktisan untuk para penggunanya. Jadi, bukan hal yang tepat jika kamu menggunakan laptop untuk bermain game berkapasitas besar yang menuntutmu duduk di atas sofa dan memelototi layar berjam-jam. Selain memaksa kinerja maksimalnya, bermain dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan laptop berada dalam kondisi overheat. Tak jarang, ini akan berakibat pada bocornya baterai laptop kamu.

Jika kamu adalah seorang gamer yang ingin menggunakan laptopnya untuk gaming, pilihlah laptop yang dibuat khusus untuk bermain game. Saat ini telah banyak kok tersedia laptop yang dibuat dengan komponen khusus untuk memuaskan hasrat para pecandu game, tentunya dengan harga yang lebih mahal.

7. Menggunakan laptop di atas kasur memang nyaman. Tapi jika ingin laptopmu awet, ini haram kamu lakukan.

Kebiasan sepele lainnya adalah menggunakan kasur atau bantal sebagai alas laptop. Tak bisa dipungkiri memang jika menggunakan laptop dengan posisi telungkup diatas kasur memang menjadi kenikmatan tersendiri. Tapi, tidak nikmat bagi laptop yang kamu gunakan. Menggunakannya diatas kasur atau bantal akan membuat kipas laptop tertutup sehingga membuat sirkulasi udara di dalamnya terganggu, tak jarang dapat menyebabkan laptop overheat. Selain itu, debu dan kotoran lain yang tidak terlihat diatas kasur akan berpotensi masuk ke dalam komponen laptopmu.

8. Hindarkan laptopmu dari kontak langsung dengan sinar matahari

Jika kamu sedang mengunakan laptopmu untuk bekerja di luar ruangan, sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan cahaya matahari. Karena seperti barang elektronik lainnya, laptop juga sensitif terhadap cahaya matahari, komponen yang ada di dalamnya cenderung rentan mengalami kerusakan jika lama terkena sinar matahari, tak jarang laptopmu akan mengalami penurunan kinerja.

9. Untuk menghindari kerusakan dari dalam, jangan sembarangan mengunduh software dari internet.

Tak hanya perawatan dari luar yang perlu kamu lakukan agar laptopmu berumur panjang. Perawatan dari dalam pun harus kamu lakukan, salah satunya adalah dengan tidak sembarangan mengunduh aplikasi dari internet. Memang saat ini, internet telah memudahkan kita untuk mendapatkan software yang mungkin secara fisik (dalam bentuk CD) susah kita dapatkan, tapi jika kamu tidak hati-hati dalam mengunduh, virus akan berpotensi merusak sistem yang bekerja di dalam perangkat laptopmu. Download lah aplikasi dari situs terpercaya agar laptop tidak rusak, lebih baik membayar (software) demi keamanan jangka panjang, daripada mengunduh secara gratis tapi tidak aman bagi sang laptop.

6. Bersihkan debu yang menempel di layar dan keyboard setiap harinya.

Debu adalah sebuah kotoran kecil yang jika dibiarkan akan menumpuk menjadi kotoran yang sulit untuk dihilangkan. Untuk menghindarinya, bersihkanlah laptop setiap harinya, cukup dengan melakukan kegiatan sederhana, seperti mengelap LCD dengan kain bersih dan keyboard dengan sikat halus agar debu yang kasat mata tersebut tidak menumpuk di bagian-bagian laptop. Jika ingin praktis, saat ini banyak yang menjual alat khusus yang dapat kamu gunakan untuk membersihkan laptop.

10. Ingat! Laptopmu bukan alas untuk menaruh barang berat.

Nah, kebiasaan yang satu ini adalah hal yang tanpa sadar sering kita lakukan. Posisi meletakkan tas dengan letak laptop di bagian bawah sering kita lakukan, hal tersebut terjadi karena produsen pembuat tas selalu meletakkan kantong laptop tepat di bagian belakang punggung kita. Sehingga membuat laptop akan terbebani dengan buku atau barang lainnya jika kita meletakkan tas dalam kondisi menghadap ke atas.

Membebani laptop dengan barang yang berat akan berpotensi merusak LCD dan optical drive yang ada di dalam bagian laptop.

11. Perhatikan suhu di sekitar laptop. Overheat akan membuat kinerja laptopmu berkurang.

Jangan lupa untuk memperhatikan suhu sekitar, di mana kamu tengah menggunakan laptopmu untuk bekerja. Kondisi ruangan yang panas misalnya, akan mempercepat naiknya suhu laptop, tak jarang kondisi overheat akan mudah tercapai ketika kamu terjebak dalam ruangan yang panas untuk bekerja. Jika kamu misalnya, melewati kondisi dingin yang ekstrim ketika berangkat bekerja dan laptop juga terasa dingin, alangkah baiknya agar kita tidak langsung menghidupkannya, melainkan menaruhnya dalam tempat yang hangat, karena suhu yang baik untuk perangkat elektronik seperti laptop adalah suhu yang sejuk, tidak terlalu panas dan dingin.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More