Home Blog 2 Cara Mudah Blokir Mining Cryptocurrency Di Web Browser

2 Cara Mudah Blokir Mining Cryptocurrency Di Web Browser

by imadenews
2 Cara Mudah Blokir Mining Cryptocurrency Di Web Browser

Di jaman now ini Mining atau Menambang Cryptocurrency via Web Browser sangatlah banyak ditemukan di beberapa situs situs, pemilik situs menggunakan script Mining Cryptocurrency untuk menggunakan kekuatan CPU dari para pengunjung untuk penghasilan tambahan atau mungkin untuk pengganti dari iklan google adsense.

2 Cara Mudah Blokir Mining Cryptocurrency Di Web Browser

Akan tetapi pastinya banyak orang pasti tidak akan suka atau risih karena hal tersebut membuat pemakaian cpu kita meningkat secara drastis dan pastinya leptop atau komputer kita akan hang. Hal ini sudah imadenews bahas pada artikel sebelumnya : Apakah komputer Anda Dipakai Menambang Cryptocurrency?

Cara Block Mining Cryptocurrency Di Web Browser

Sebagian besar situs situs menggunakan coinhive untuk mining di web browser. berikut adalah beberapa cara yang mudah dan cepat untuk memblokir aktivitas seperti itu:

1. Menggunakan Extension/Add-Ons Pada Browser

Kalian bisa menggunakan Extension/Add-Ons tambahan pada Browser Chrome atau Firefox untuk blokir aktivitas mining. Berikut beberapa yang bisa anda pakai

Adguard

Selain untuk memblokir iklan yang mengganggu Adguard ini juga otomatis akan memperingatkan kita bahwa website tersebut memakai script mining dan akan memblokir aktivitas mining di web browser, Untuk saat ini yang saya tau hanya memblokir Coinhive dan beberapa yang lainnya, Untuk menambahkan list lain kalian bisa menambahkan melalui adguard Settings > Adguard Filters

Block Mining Script dengan Adgiard

Contoh misalkan ingin menambahkan sparechange.io (penyedia mining web browser selain coinhive) ke daftar filter seperti pada gambar dibawah ini

adguard filter mining javascript

tambahkan ||sparechange.io^$script

Untuk list penyedia mining atau domain yang menggunakan script mining kalian bisa lihat lainnya Disini

AdBlock / Adblock Plus

Sama seperti Adguard diatas, AdBlock juga dapat membantu Anda memblokir kegiatan penambangan Cryptocurrency. Bergantung pada browser web Anda, Anda dapat menemukan pengaturan yang relevan untuk memblokir domain tertentu. Misalnya, di Chrome, untuk AdBlock, navigasikan ke daftar ekstensi dan temukan AdBlock. Di sana, cari Customize> Blokir sebuah iklan dengan URL-nya. Kemudian, tambahkan teks berikut di kotak teks:

Block Mining Script dengan Adblock

No Coin Extension untuk Chrome

Memasang ekstensi Chrome adalah metode yang paling mudah untuk menghentikan penambangan koin di browser. No Coin adalah salah satu solusi gratis untuk anda. Ekstensi open-source ini adalah cara yang handal dan aman untuk mengontrol bagaimana sebuah situs web berinteraksi dengan browser web Anda.

No Coin Extensi untuk chrome block Mining

Setelah Anda mengunjungi situs web, No Coin yang akan mendeteksi dan menunjukkan apakah ada aktivitas semacam itu yang terjadi. Anda akan melihat simbol merah seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Meskipun ekstensi ini menghalangi aktivitas penambangan, namun anda juga bisa memasukkan situs web tersebut ke dalam White List untuk jangka waktu tertentu.

Baca Juga :   Beberapa Kebiasan Buruk Ini Bisa Hancurkan Hidup Anda

minerBlock Extension untuk Chrome

minerblock Extensi untuk chrome block Mining

Sama seperti halnya No Coin, ekstensi Chrome minerBlock adalah ekstensi lainnya yang dapat Anda gunakan untuk memblokir penambangan cryptocurrency di browser. minerBlock saat ini hanya mencantumkan beberapa daftar domain penambang populer.

NoScripts Firefox & uMatrix Chrome

Noscript firefox

Untuk Firefox atau Chrome, Anda juga bisa menggunakan NoScript atau uMatrix untuk memblokir javascript. Sebelum menggunakannya untuk memblokir penambangan cryptocurrency di browser, perlu diketahui bahwa NoScripts dan uMatrix ini cukup agresif dan bisa membuat tampilan banyak situs web berantakan karena dapat menonaktifkan semua skrip yang berjalan pada halaman web tersebut. Jika Anda menggunakan Tor Browser, Anda pasti sudah tahu tentang cara penggunaannya. Anda dapat menggunakan salah satu dari metode ini untuk menyingkirkan penambangan cryptocurrency di browser.

2. Blokir Domain Script Mining di Host File

Berikut Ini adalah cara manual untuk memblokir domain tertentu yang Anda anggap berbahaya atau menjengkelkan. Karena pemblokiran semacam itu, browser Anda tidak akan dapat terhubung ke domain ini. Kita bisa mengedit file hosts dan mengarahkannya ke 0.0.0.0.

Blokir Domain Script Mining di Host File

Untuk Windows, buka file Host yang terletak di C:\Windows\System32\drivers\etc dan tambahkan beberapa list dibawah ini

Note: Kalian bisa menambahkan daftar domain lainnya seperti contoh diatas.

Untuk Linux, Anda perlu membuka file hosts dengan menjalankan perintah berikut dan menambahkanlist seperti diatas ke bagian akhir dokumen:

Untuk Mac OS X dengan perintah

Haruskah saya memblokir semua Situs yang menggunakan Script penambangan cryptocurrency?

Jawaban dari pertanyaan ini tergantung pada website yang menggunakan script mining. Jika situs web memberi tahu Anda segera setelah Anda mengunjunginya dan Anda merasa nyaman dengannya, maka itu tidak membahayakan. Hal lain yang harus Anda pertimbangkan adalah beban pertambangan yang akan ditanggung CPU Anda. Sebuah situs web juga harus memberi tahu Anda berapa banyak kekuatan pemrosesan yang ingin digunakannya.

Jika Anda bersedia mendukung situs favorit Anda melalui sumber penghasilan alternatif ini dan mereka bersikap jujur tentang praktik mereka, semuanya baik-baik saja.

Apakah Kamu suka dengan postingan ini yang membahas Bagaimana cara blokir script mining cryptocurrency di web browser? Jangan lupa untuk Share dan memberikan komentar atau masukan dibawah ini

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More