Home Blog Cara Install TightVNC Server di RHEL/CentOS dan Fedora

Cara Install TightVNC Server di RHEL/CentOS dan Fedora

by imadenews

vnc_sced0kCara Install TightVNC Server di RHEL/CentOS dan Fedora. Kali ini saya ingin berbagi tutorial Install TightVNC Server di RHEL/CentOS dan Fedora untuk Access Remote Desktop Via VNC. Sebelum Lanjut ke tutorial ini ada sedikit penjelasan

Virtual Networking Computing (VNC) adalah sejenis sistem remote yang memungkinkan untuk mengambil kendali dari komputer lain yang terhubung ke internet. Keyboard dan mouse klik dapat digunakan dengan mudah dari satu komputer ke komputer lain. Ini membantu administrator dan staf teknis untuk mengelola server dan desktop mereka tanpa ke lokasi yang sama secara fisik.
VNC adalah sebuah aplikasi open source yang dibuat pada akhir 1990-an. Hal ini independen dan kompatibel dengan Windows dan Unix / Linux. Berarti pengguna berbasis Windows normal dapat berinteraksi dengan sistem berbasis Linux.
Untuk menggunakan VNC Anda harus memiliki koneksi TCP / IP dan VNC viewer client untuk terhubung ke komputer yang menjalankan VNC komponen server. Server mengirimkan layar duplikat dari komputer remote untuk penampil.
Artikel ini menunjukkan cara menginstal VNC Server menggunakan TightVNC versi yang disempurnakan banyak program VNC lama, dengan akses remote GNOME Desktop pada RHEL, CentOS dan sistem Fedora.

 

Oke, Sekarang mari kita ke Langkah Langkah Penginstallan.

Pertama silahkan lakukan Update Pada System

Lanjut, Install GNOME Desktop

Akan ada konfirmasi ketik

Lanjut, Install TightVNC Server

 

Buat VNC User Normal

Dimana kita disini menggunakan username : imadenews  , Silahkan kalian ganti dengan username anda.

Masukan Password Untuk username Tersebut.

Lanjut,

Lanjut,  Membuat VNC Xstartup Script

Jika pada saat Start Terdapat Error [FAILED] . Stop terlebih dahulu

Jika Stop OK, Lanjut

Lalu Edit pada bagian :

atau sesuaikan dengan resolusi dekstop anda.. bisa juga dengan 1024×768

Jika sudah silahkan di Save.

Start VNC server.

 

Terakir Open VNC Ports on Firewall

Buka IPTABLES port 5901

Simpan IPTABLES

restart IPTABLES

 

Selesai.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More