Mengapa Hindu Sembahyang Memakai Bunga ?

by imadenews
Bunga_Sarana-Sembahyang_Hindu

Bunga_Sarana-Sembahyang_HinduMengapa Hindu Sembahyang Memakai Bunga ? Bagi Umat Hindu kita tak lepas dari memakai bunga, baik disaat sembahyang atau acara adat lainnya. Bunga. Bunga dapat dimaknai dari berbagai sisi, antara lain; dari sisi baunya harum merupakan bau yang paling disenangi dan dicintai oleh manusia, sehingga bunga disebut sebagai simbol bhakti (cinta) kehadapan Sang Pencipta. Ada yang memaknai dari sudut warnanya, diidentikan dengan warna dari Nawa Dewata atau Dewata Nawa Sanga yang merupakan Dewa Wisnu, Sambhu, Iswara, Maheswara, Brahma, Rudra, Mahadewa, Sangkara dan Siwa, sehingga bunga disebutkan sebagai sarana mendekatkan diri kepada Sang Pencipta melalui manifestasinya. Ada pula yang mengatakan bahwa bunga itu cikal bakal dari buah, buah itu adalah pahala, sehingga bunga disebut sebagai sebuah sarana untuk mempercepat proses kita mendapatkan pahala dari karma kita dsb. Semuanya itu menurut saya tidak ada yang salah.

Bunga itu memberi kita contoh pendidikan yang amat dalam. Walaupun ada yang menyayangi dan ada pula yang membencinya, namun pada saatnya bunga bermekar ia akan memberikan bau harumnya dan keindahannya kepada semua orang. Bunga tidak membeda-bedakan antara yang menyayanginya dengan yang membencinya.

Sebuah teori itu sangat perlu, namun jangan mentok pada teori, teori itu kita harus praktekkan sedikit demi sedikit, sehingga lama kelamaan kita tidak akan sadar sudah biasa melakoninya. Makna seperti inilah yang patut kita tangkap dan kita pelajari untuk merubah sikap kita mengikuti sikap bunga. Memang hal ini tidak semudah membalikan telapak tangan, namun kita terus berusaha ke arah itu.

 

Bg.IX.26

Siapa saja yang sujud kepada aku dengan persembahan sehelai daun, sekuntum bunga, sebiji buah buahann, seteguk air aku terima sebagai bhakti persembahan dari orang yang berhati suci.


Penjelasan sri krishna mengenai unsur unsur pokok dari suatu persembahan terdiri dari: bunga, daun, buah dan
air. Bunga sebagai persembahan mempunyai dua fungsi, yaitu sebagai SIMBUL dan SARANA. sebagai Simbul bunga di gunakan saat melakukan kramaning sembah. sedangkan bunga sebagai sarana di gunakan dalam sesajen (Banten).


Apakah semua jenis bunga dapat di gunakan sebagai sarana smbahyang dan persembahan ?

 

Bunga yang di pilih dalam keagaman adalah bunga yang MEKAR dan WANGI, Karena bunga bunga seperti itu merupakan lambang “aksara suci”

Contoh bunga Mekar dan Wangi Diantaranya :


* Bunga Tunjung /tratai/padma.

Bunga ini paling UTAMA atau paling Baik diantara bunga mekar dan wangi yg lain ,Sehingga bunga teratai ini di sebut ” Raja Kusuma” rajanya bunga bungaan.


* Bunga Ratna
sebagai bunga utama untuk memuja Brahman atau sarana Dan bunga bunga yang lain.

Dan masih banyak lagi.

* Bunga yg di senangi para Dewa

“Teratai, Ratna, Jempiring besar, Kenanga, Soka, Kamboja, Mawar, Melati, Cempaka.


* Bunga yang tidak boleh di gunakan untuk Upacara keagamaan

“Bunga tulud nyuh, dan bunga salikonta”

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More