Kenali Gejala Keputihan dan Atasi Dengan Tepat!

by imadenews

Kenali_Gejala_Keputihan_dan_Atasi_Dengan_Tepat_vrsf9e“Apa sih keputihan itu? Kenapa saya sering mengalami keputihan ya? Apakah keputihan itu berbahaya?” Pertanyaan-pertanyaan seputar keputihan, pasti sering terlintas di benak para wanita, tanpa terkecuali. Keputihan bukanlah suatu penyakit, tetapi merupakan manifestasi gejala dari hampir semua penyakit yang berhubungan dengan kandungan. Oleh karena itu, penyebab utama dari keputihan haruslah dicari. Untuk mencari tahu gejala dari keputihan, Anda dapat melakukan pemeriksaan kandungan dan pemeriksaan laboratorium.
Penyebab dari keputihan sendiri ada beraneka macam, seperti:

  • Bakteri

Keputihan yang disebabkan oleh bakteri, biasanya dipengaruhi oleh pertumbuhan bakteri normal yang berlebihan. Keputihan jenis ini ditandai oleh cairan vagina encer, berwarna kuning kehijauan, berbusa dan berbau busuk, kemerahan, gatal, nyeri saat kencing atau berhubungan seksual, dan tidak nyaman.

  • Jamur

Pada keadaan normal, jamur terdapat di kulit manapun dalam area feminin. Namun, pada keadaan tertentu, jamur dapat meluas sehingga menimbulkan keputihan. Adapun gejalanya adalah keputihan berwarna putih susu, bergumpal seperti susu basi, disertai rasa gatal dan kemerahan.

  • Kelelahan dan stress

Kelelahan dan stress juga dapat menjadi pemicu timbulnya keputihan. Namun, untuk keputihan ini, Anda tidak perlu khawatir karena lender yang keluar masih dianggap normal. Pada keadaan ini, lender akan berwarna jernih, tidak berbau, tidak menimbulkan gatal, dan iritasi.

Lalu bagaimana harus menjaga area feminin agar tidak mengalami keputihan? Ada banyak cara untuk merawat dan menjaga kebersihan area feminin, meski area feminine punya mekanisme alamiah untuk membersihkan dirinya sendiri, melalui cairan yang diproduksinya setiap hari. Namun Anda juga perlu tetap memperhatikan hal-hal berikut agar tetap terjaga kebersihannya dan terhindar dari infeksi jamur, keputihan, bakteri dan gangguan lainnya:

  • Membersihkan setelah buang air kecil

Bersihkan area feminin sehabis buang air besar dan kecil. Caranya, siram air dari arah area feminin ke anus. Jangan lakukan sebaliknya, karena Anda akan memindahkan kuman dari anus ke area feminin. Sesudah dibersihkan langsung keringkan dengan handuk lembut. Kondisi yang lembab akan menyebabkan jamur berkembang biak.

  • Menjaga Kebersihan Area Feminin

Untuk menjaga kebersihan, penting sekali selalu mengganti celana dalam, minimal 2 kali sehari. Jangan menggunakan baju dalam yang sama dari pagi sampai sore. Pilih celana dalam katun atau kaus, karena menyerap keringat dengan baik. Bila sedang haid, ganti pembalut secara teratur, yaitu 4 hingga 6 kali sehari dan setelah buang air kecil dan besar. Jika darah haid Anda sedang banyak-banyaknya, ganti pembalut setiap 2 jam. Saat haid, kuman mudah masuk dan dapat menyebabkan penyakit pada saluran reproduksi.

  • Gunakan Cairan Pembersih Khusus Area Feminin (jika kurang jelas cukup gunakan air bersih saja)

Gunakan sabun khusus dengan pH seimbang untuk mencuci area feminin karena pH (tingkat keasaman) vagina normal antara 3.8 – 4.2, yaitu cenderung asam. Jika kondisi vagina terlalu asam (pH kurang dari 3.8) akan tumbuh jamur, sedangkan terlalu basa (pH lebih dari 4.8) akan tumbuh bakteri penyebab infeksi. Pilih produk cairan pembersih dengan kandungan pH 3 – 4 ini untuk menjaga keseimbangan area feminin secara alami.

  • Hindari Penggunaan Antiseptik untuk area Feminin

Terdapat beberapa produk yang mengandung antiseptik untuk membersihkan area feminin. Hal ini kurang dibenarkan penggunaannya karena dengan penggunaan antiseptik dapat membunuh seluruh bakteri yang ada di area Feminin, termasuk bakteri alami yang sebenarnya bertugas melindungi area Feminin kita secara alami.

Adapun beberapa komponen alami sangat bermanfaat untuk area feminin Anda, diantaranya:
Lactoserum & Lactic Acid, berfungsi meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan menekan bakteri jahat, serta mengurangi keputihan
Extract Chamomile yang memberikan rasa nyaman dan segar pada area feminin
Provitamin B5 berfungsi sebagai anti iritasi, mengurangi gatal dan membuatnya lebih kesat.
pH Balance yang dapat menjaga keseimbangan tingkat keasaman area feminin
Wangi bunga Ambrossia yang memberi sensasi harum yang telah tersertifikasi Internasional IFRA (International Fragrance Association) aman untuk area feminin.

 

Lalu Bagai mana cara mengatasi Keputihan ?

Bagi perempuan mungkin keputihan bukanlah hal yang baru lagi karena penyakit yang satu ini hanya menyerang daerah intim wanita. Akan tetapi bila seorang wanita sedang mengalami keputihan, tidak sedikit dari wanita yang merasa malu atau minder untuk berkonsultasi dengan para ahli.

Berbagai macam obat untuk menghindarkan wanita dari keputihan telah ada di pasaran. Bahkan obat dari warisan nenek moyang dengan menggunakan bawang putih pun dapat Anda pilih untuk mengobati keputihan. Meskipun demikian, bawang putih mungkin memiliki efek pengencer darah, sehingga Anda harus membicarakan dengan dokter sebelum menggunakannya.
Selain bawang putih, kunyit juga dapat menjadi pilihan untuk menghindarkan area feminin dari keputihan. Cukup sediakan 20 gram kunyit yang dipotong-potong dan dicuci bersih, 10 gram daun sambiloto kering, dan 15 gram kulit delima kering. Kemudian bahan-bahan direbus dengan 800 cc air, dan sisakan hanya 300 cc air rebusan. Saring dan konsumsi 2 kali sehari.

Tidak berhenti sampai disitu, rebusan daun sirih juga seringkali menjadi pilihan Anda ketika mencegah keputihan, karena memiliki kandingan sebagai antiseptic, anti jamur, anti bakteri dan anti virus. Perlu diingat, bahwa penggunaan daun sirih tidak boleh digunakan untuk mencuci area feminine setiap hari karena dapat menyebabkan iritasi. Efek lain dari daun sirih akan membunuh semua bakteri yang ada di area feminine, padahal di antara bermacam-macam bakteri itu sebenarnya ada beberapa bakteri baik yang justru bermanfaat untuk melindungi area feminine secara alami.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More