Home posting Pilihan Tips Mengamankan Akun WhatsApp dari Hacker

Tips Mengamankan Akun WhatsApp dari Hacker

by imadenews
Tips Mengamankan Akun WhatsApp dari Hacker

Tips dan saran bagaimana cara mengamankan akun WhatsApp agar tidak mudah dibobol hacker. WhatsApp juga berpotensi diretas dan disalahgunakan orang lain. Akun WhatsApp yang dihack bakal disalahgunakan untuk hal-hal berbahaya seperti penyamaran, penipuan dan pelecehan.

Untuk itu mengamankan akun WhatsApp Anda dari sekarang akan lebih baik untuk mencegah orang lain menggunakan nomor telepon anda di masa depan dengan mengikuti tips dan saran berikut:

Aktifkan fitur Two Step Verification

Kalian bisa mengaktifkan fitur Two Step Verification atau verifikasi dua langkah. Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah, buka WhatsApp > mengetuk tiga tombol vertikal di pojok kanan atas (Setelan/Pengaturan) Kemudian pilih Akun dan pilih Verifikasi dua langkah.

Jika belum diaktifkan, ketuk opsi “enable” (aktifkan) lalu masukan enam digit PIN dan ulangi untuk konfirmasi. Langkah berikutnya, Anda akan diminta untuk mengisi e-mail. Sebenarnya, langkah ini opsional.

Jika tidak berkenan, pengguna bisa memilih untuk “lewati”. Namun sangat dianjurkan untuk tetap mengisi alamat e-mail. Tapi ingat, alamat e-mail yang digunakan sebaiknya masih aktif dan telah diproteksi dengan baik.

verifikasi dua langkah

Alamat email tersebut akan digunakan WhatsApp nantinya untuk mengirimi anda tautan via email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah atau jika suatu saat Anda lupa PIN enam digit Anda, dan juga untuk membantu menjaga keamanan akun Anda.

Setelah alamat e-mail diisi dan dikonfirmasi, verifikasi dua langkah akan aktif. Jika Anda kembali ke beranda perpesanan, Anda akan diminta untuk memasukan PIN yang telah didaftarkan tadi. Jika verifikasi dua langkah Anda diaktifkan, nomor telepon Anda tidak akan diizinkan untuk diverifikasi ulang di WhatsApp dalam waktu 7 hari sejak WhatsApp terakhir digunakan tanpa PIN Anda.

Untuk membantu Anda mengingat PIN Anda, WhatsApp akan meminta Anda untuk memasukkan PIN Anda secara berkala. Tidak ada opsi untuk menonaktifkan ini tanpa menonaktifkan fitur verifikasi dua langkah.

Two Step Verification atau verifikasi dua langkah

Namun hal itu hanya terjadi sekali saja. Pengguna baru akan diminta memasukan PIN lagi jika memindah WhatsApp ke perangkat lain atau menginstal ulang WhatsApp. Pengguna juga bisa menon-aktifkan fitur ini dengan memilih opsi “disable” atau mengganti PIN dan alamat e-mail setiap saat dengan langkah yang sama.

Jika Anda menerima email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah, tetapi tidak memintanya, mohon jangan mengklik tautan tersebut. Seseorang mungkin sedang mencoba untuk memverifikasi nomor telepon Anda di WhatsApp.

Menerima kode verifikasi yang tidak Anda minta

Jangan pernah membagikan kode verifikasi 6 digit SMS WhastApp dengan orang lain, bahkan jika orang tersebut tampak seperti orang yang Anda kenal atau seseorang yang Anda percayai. Jika Anda menerima notifikasi kode verifikasi, itu berarti seseorang telah mencoba untuk menggunakan nomor telepon anda atau seseorang mencoba mengambil alih akun Anda.

Dalam kasus peretasan ini, biasanya bukan hanya kode saja dalam SMS verifikasi, di sms tersebut juga terdapat link tautan seperti contoh pada gambar dibawah, jika anda tidak merasa meminta kode veirifkasi jangan sesekali untuk klik tautan tersebut.

contoh kode verifikasi yang tidak Anda minta di whatsapp

contoh kode verifikasi yang tidak Anda minta di whatsapp

Jika seseorang mencoba mengambil alih akun Anda, untuk melakukannya mereka perlu kode verifikasi SMS yang dikirim ke nomor telepon Anda. Tanpa kode tersebut, pengguna yang mencoba memverifikasi nomor Anda tidak dapat menyelesaikan proses verifikasi dan menggunakan nomor telepon Anda di WhatsApp. Dengan demikian akun WhatsApp Anda akan tetap aman.

Cek & Log Out dari WhatsApp Web/Desktop

Jika Anda rasa akun Anda di hack atau mencurigai seseorang telah menggunakan akun Anda via WhatsApp Web/Desktop, disarankan untuk Logout/keluar dari semua komputer yang Anda lihat dalam daftar di WhatsApp Web. Ini akan menghentikan peretas untuk membaca obrolan Anda kedepannya. Untuk cara lebih jelas silahkan kunjungi Faq Whatsapp.

whatsapp web

Tips & Saran lainnya :

  • Jika anda sudah mengaktifkan verifikasi dua langkah, namun whatsapp anda tetap di hack, lebih baik menonaktifkan akun whatsapp anda dan mengganti dengan nomor yang baru.
  • Jika anda merasa di hack dan sang hacker melakukan pemerasan atau hal lainnya yang bersifat merugikan, mohon jangan panik dan jangan takut, imadenews sarankan lansung saja ke kantor polisi terdekat (polda/polres) agar segera diproses lebih lanjut. (Biasanya polisi akan meminta bukti chat serta kronologis, dan akan ditanya untuk lebih baik menonaktifkan akun anda)
  • Jika anda menerima chat dengan nomor kerabat dekat, anak, atau teman baik dengan meminta sejumlah uang yang tak terduga, jangan terlalu cepat percaya, , Karena kemungkinan hacker sudah menguasai nomor tersebut. Lebih baik hubungi nomor tersebut (telfon bukan melalui whatsapp) dan menannyakan kebenarannya (Pengalaman Pribadi dan tetangga)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More