Wisata Pantai Baluk Rening Jembrana Bali

by imadenews
pantai_baluk_rening

pantai_baluk_reningSalah satu objek wisata di Bali Barat yang patut anda kunjungi selain Pantai Yeh Kuning dan Pantai Candi Kusuma yakni Pantai Rening. Pantai Rening terletak di Banjar Rening, Desa Baluk, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali. Karena lokasinya di Desa Baluk maka pantai Rening lebih populer dengan nama Pantai Baluk Rening. Untuk Mencari lokasi pantai ini sangat mudah karena jalan untuk menuju pantai ini sudah diaspal sehingga bisa dilalui dengan sepeda motor, mobil, bahkan bus pariwisata. Jika Anda datang dari Kota Negara (Ibu kota Kabupaten Jembrana) arahkan kendaraan Anda menuju ke barat melalui jalan utama jalur Gilimanuk – Denpasar, nanti di desa Banyu Biru akan menemukan plang menuju Cupel dan Pengambengan, maka belokkan kendaraan Anda kiri. Telusuri jalan tersebut nanti akan menemukan plang penunjuk arah untuk menuju pantai Rening. Ikuti petunjuk arah tersebut maka Anda akan sampai di Pantai Baluk Rening.

Jika Anda datang dari Denpasar diperlukan waktu lebih kurang 2 jam dengan jarak tempuh kira-kira 105 km perjalanan dan jika Anda datang dari pelabuhan Gilimanuk maka dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih 30 km dengan waktu tempuh kurang lebih dari 30 menit.

Pantai Baluk Rening walau tidak seindah pantai Kuta atau Pantai Sanur objek wisata pantai baluk rening juga memiliki pemandangan yang indah. Anda akan disuguhkan dengan suasana pantai yang tenang dengan ombak yang tidak begitu besar. Sehingga pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan pada pagi dan sore hari, di sore hari dari pantai ini wisatawan dapat menyaksikan matahari tenggelam dibalik cakrawala.

Untuk mendukung sektor kepariwisataan disekitar pantai ini terdapat hotel, cafe, arena motor cross, restaurant, warung menjual makanan dan minuman serta area parkir yang cukup luas. Jadi, bagi Anda yang ingin bermalam saat mengunjungi Objek Wisata Pantai Baluk Rening Jembrana Bali ini tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada fasilitas yang cukup baik sehingga kenyamanan anda pada saat berkunjung ke pantai iniakan terjamin.

Ombak di pantai Baluk Rening ini juga tidak terlalu besar, jadi aman buat Anda para wisatawan yang ingin bermain air di pantai ini. Jika Anda ingin menikmati olahraga air seperti bermain kano maka datanglah pada hari libur (misalnya hari minggu), karena penyedia jasa sewa kano akan beroperasi pada hari-hari libur saja. Biaya untuk menyewa kano di pantai ini sebesar Rp 5000,00.

Walaupun pantai ini ombaknya tidak terlalu besar, akan tetapi pada musim-musim tertentu pantai ini juga memiliki ombak yang sangat besar sehingga bibir pantai ini terkena abrasi. Untuk mencegah terjadinya abrasi maka pemerintah setempat melakukan antisipasi dengan cara membuat tanggul penahan abrasi yang tidak menghilangkan keindahan pantai ini. Selain sebagai penahan abrasi, tanggul penahan ini juga dapat digunakan sebagai tempat jalan-jalan menyusuri bibir pantai pada sore hari.

 

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More